5 Macam Tempat Wisata Di Kulon Progo Yang Harus Kamu Tahu !

shares

Yogyakarta kaya akan kuliner khasnya serta objek-objek wisata yang telah mendunia, sebut saja Candi Borobudur yang begitu fenomenal keberadaannya. Tapi ada satu daerah di Yogyakarta yang menyajikan ragam spot menarik untuk dikunjungi yaitu Kulon Progo. Ia adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta tepatnya disebelah Barat. Sering Disebut Kota "The Jewel Of Java".
KulonProgo The Jewel Of Java

Tempat wisata di Kulon Progo cukup banyak yang menjadi destinasi favorit para pelancong lokal. Kulon Progo juga tidak kalah terkenalnya dengan daerah lain di Yogyakarta seperti Sleman atau Bantul, Yang juga memiliki penawaran destinasi wisata yang sangat melimpah.

Pantai

Pantai Glagah
Bagi yang menyukai suara desir ombak dan hamparan pasir yang lembut, maka pantai adalah jawabannya. Di Kulon Progo sendiri ada beberapa pantai pilihan seperti Pantai Glagah, Pantai Trisik, dan Pantai Congot. Pantai Glagah berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan letaknya sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Sedangkan Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo yang menjadi salah satu sungai terbesar di di Jogja. Uniknya, pasir pantai disini berwarna hitam. Selanjutnya adalah Pantai Congot yang yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Glagah, tepatnya didesa Jangkaran, kecamatan Temon, kabupaten Kulon Progo. Disini para pengunjung bisa melihat langsung aktifitas para nelayan setiap harinya. 

Air Terjun

Airt Terjun Grojogan Sewu
Selain memiliki beberapa pantai yang indah dan unik, di Kulon Progo ini juga terdapat wisata alam air terjun yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Ia berlokasi di desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Disini pengunjung bisa menikmati air terjun yang segar dan sejuk dengan mandi atau sekedar merendam kaki di bebatuan bawah air terjun. Disini pengunjungnya tidak terlalu ramai sehingga bisa menikmati suasana dengan lebih tenang. 

Puncak

Puncak Suroloyo
Tidak hanya di Bogor, ternyata Kulon Progo juga punya puncak loh. Salah satu tempat wisata di Kulon Progo adalah Puncak Suroloyo yang merupakan puncak tertinggi di perbukitan Menoreh Kulon Progo. Yang menarik dari puncak ini adalah ketika kita sampai dipuncak maka kita akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan. Candi Borobudur dapat kita lihat dengan jelas dari puncak ini. Disini juga terdapat 3 pertapaan yaitu pertapaan Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran. 

Waduk 

Waduk Sermo
Ada juga waduk yang menjadi destinasi wisata para pengunjung yaitu Waduk Sermo. Lokasinya berada disebuah perbukitan di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Meskipun awalnya waduk ini dibangun untuk mendukung pertanian masyarakat sekitar Kulon Progo, namun karena lokasi dan pemandangan yang disuguhkannya sangat menawan maka tempat ini akhirnya dibuka untuk wisatawan agar bisa menikmati keindahan alam sekitarnya. Suasana sejuk dan asri akan sangat terasa ketika menginjakkan kaki di waduk ini. 

Gua

Gua Kiskendo 
Untuk yang suka wisata ekstrim atau unik, maka harus mencoba untuk berkunjung ke Gua Kiskendo yang ada di Kulon Progo ini, tepatnya didesa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Disini, pengunjung bisa melihat pemandangan stalagtit dan stalagmit yang membentuk gugusan-gugusan indah didalam gua. Gua ini juga masih dipenuhi dengan mitos dan cerita sejarah masyarakat setempat mengenai asal mula gua ini. 

Masih banyak sebenarnya tempat-tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Kulon Progo. Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini memang kaya akan keindahan alam yang sulit untuk tidak dinikmati. Maka, tempat wisata di Kulon Progo memang patut untuk menjadi kebanggaan masyarakat Kulon Progo. Mulai dari pantai, air terjun, sampai gua, semuanya lengkap ada di Kulon Progo untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Incoming Search Term: 

wisata kulon progo kalibiru, peta wisata kulon progo, air terjun kedung pedut kabupaten kulon progo, daerah istimewa yogyakarta, wisata pantai kulon progo, wisata kulon progo gunung ijo, pantai glagah kulon progo, kalibiru kulon progo maps, kulon progo wisata, wisata hutan pinus imogiri, air terjun di kulon progo, air terjun kedung pedut kabupaten kulon progo, daerah istimewa yogyakarta 55674, indonesia, wisata kulon progo terbaru, wisata alam kalibiru kabupaten kulon progo, daerah istimewa yogyakarta, wisata kulon progo air terjun, kabupaten kulon progo tempat menarik, 

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar